Senin, 11 Februari 2013

SEJARAH PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARI'AH



Sejak awal kelahirannya perbankan syariah dilandasi dengan kehadirran dua gerakan renaissance islam modern:neorevivalis dan modernis.Tujuan utama dari pendirian lembaga keuangan berlandaskan etika ini adalah tiada lain sebagai upaya kaum muslimin untuk mendasari segenap aspek kehidupan ekonominya berlandaskan al-Qur’an dan As-Sunnah.

Kemunculan bank-bank dan lembaga kuangan islam sebagain organisasi yang relative baru,menimbulkan tantangan besar.Para pakar syari’ah islam dan akuntansi harus mencari dasar bagi penerapan dan pengenmbangan standar akunansi yang berrbeda dengan standar akuntansi bank dan lembga keuangan konvnsional sperti telah dikenal selama ini.

Kunci sukses suatu bank dalam melayani masyarakat disekitarnya sehingga penyajian informasi sangat dibutuhkan,agar ada kepercayaan antara nasabah dan pihak bank.Apabila ada ketidak percayaan nasabah atas ketidak mampuan bank islam dalam mencapai tujuan yang diinginkannya.

Karena masih dalam tahap awal pengembangan dapat dimaklumi bahwa saat ini pemahaman sebagian besar masyarakat mengenai system dan pinsip pada  perbankan syariah masih belum tepat.Masyarakat belum mengetahui secara pasti system operasional pada perbankan syariah seperti; penghimpunan dana, penyaluran dana,dan apa sajakah yang menjadi produk pada perbankan syari’ah.

Sebagian besar masyarakat hanya mengetahui bahwa perbedaan perbankan syaria’ah dan konvensional hanyalan dalan pembagian hasil (keuntungan).Mereka belum tahu bagaimanakah cara kerja system operasionalnya perbankan syariah itu sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar